Sabtu, 23 Juni 2012
E-commerce terdiri dari dua kata yaitu e dan commerce,
huruf e yang mempunyai arti elektronik dan commerce yang berarti perdagangan.
jika berbicara mengenai elektronik, maka pengertian dari elektronik itu sendiri
adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan
cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu
alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan
lain sebagainya. Sehingga dapat disimpulkan e-commerce adalah perdagangan
elektronik yang mencakup proses pembelian, penjualan, transfer, pertukaran
produk, layanan, atau informasi melalui jaringan komputer, termasuk internet.
E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses
berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara
perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan
pertukaran/penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik.
E-business adalah istilah yang lebih umum dari
e-commerce karena tidak hanya mengarah pada aktivitas membeli dan menjual
melainkan melayani konsumen dan bekerja sama dengan rekan-rekan bisnis lainnya
atau dengan kata lain e-business merupakan interaksi dengan rekan-rekan bisnis.
Fungsi dari e-business yaitu untuk mensupport bagian dari marketing, produksi,
accounting, finance, dan human resource managemen. Proses transaksi online
memegang peranan yang sangat penting pada e-business.
Secara keseluruhan, e-commerce dapat digambarkan
sebagai penggunaan internet dan Web untuk transaksi bisnis. Lebih formalnya,
secara digital memungkinkan terjadinya transaksi komersial antara organisasi
dan individu.
Di sisi lain, e-bisnis dapat digambarkan sebagai
proses digital yang memungkinkan proses transaksi dalam perusahaan, melibatkan
sistem informasi di bawah kontrol yang kuat. Selain itu, aplikasi e bisnis bisa
turun menjadi e commerce ketika sebuah pertukaran nilai terjadi.
Tujuan dan Manfaat Implementasi E-Business &
E-Commerce Tujuan implementasi E-Business & E-Commerce adalah
untuk mendukung efisiensi dan integritas pengelolaan data Sumber Daya Manusia,
Keuangan, Supply Chain Management/Logistic Management. Selain itu berfungsi
sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi public. Dengan berbasiskan
internet, sistem ini dapat diakses dimana saja sesuai dengan hak akses yang
telah ditentukan.
Manfaat implementasi E-Business & E-Commerce
adalah :
- Meningkatkan kinerja operasional perusahaan.
- Meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang sangat luas.
- Meningkatkan efisiensi perusahaan.
- Mempermudah pengelolaan asset perusahaan.
- Meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan.
- Meningkatkan komunikasi seluruh stakeholders.
- Mengatasi kesenjangan digital.
- Media mempromosikan kompetensi perusahaan.
- Memperlancar transaksi bisnis.
- Sarana penyebaran informasi secara luas.
Karakteristik E-Commerce
Berbeda dengan transaksi perdagangan biasa, transaksi
ecommerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus.
Pengertian-pengertian yang diberikan oleh beberapa ahli mengenai ecommerce
dapat ditarik kesimpulan bahwa e-commerce mempunyai suatu karakteristik, yaitu:
1) Terjadinya transaksi antar dua belah pihak
2) Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi
3) Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme
perdagangan tersebut.
Menurut Nurfansa Wira Sakti, karakteristik e-commerce
diantaranya adalah:
1) Transaksi tanpa batas
2) Transaksi anonim
3) Produk digital dan non digital
4) Produk barang tak berwujud
Kategori E-Bisnis.
Jenis E-Bisnis Karakteristik
B2C (Bussiness to Consumers)
B2B (Bussiness to Bussiness)
B2G (Bussiness to Government)
B2E (Bussiness to Education)
Security Dalam E-Business
Security Beberapa metode pengamanan data dalam
transaksi E-Commerce dan E-Bussines yaitu Kriptografi Public Key yang merupakan
sistem asimetris (tidak simetris) menggunakan beberapa key untuk pengenkripsian
yaitu public key untuk enkripsi data dan private key untuk dekripsi data.
Public key disebarkan ke seluruh dunia sementara private key tetap disimpan.
Siapapun yang memiliki public key tersebut dapat mengenkripsi informasi yang
hanya dapat dibaca oleh seseorang yang memiliki private key walaupun kita belum
pernah mengenal bahkan tidak tahu sama sekali siapa yang memiliki public key
tersebut.
CMS khusus e-commerce
Untuk membuat sebuah website dengan CMS relatif cukup
mudah dan cepat karena kalau kita analogikan CMS itu seperti sebuah Operating
System Dalam sebuah komputer (windows,linux, Mac OS) yang dibuat untuk
memudahkan penggunanya sehingga kita bisa mengelola komputer kita dengan
relatif cukup mudah, begitupun dengan CMS dibuat sedemikian hingga agar penggunanya
mudah untuk menambah dan mengelola isi yang ada dalam sebuah website. untuk
menjalankan situs web yang berjualan secara online, atau biasa disebut dengan
web eCommerce, kita bisa menggunakan osCommerce, prestashop, magento dan
lain-lain. CMS tersebut umumnya digunakan oleh pengguna CMS open source. saya
akan membahas mengenai magento, dengan magento kita dapat mengisi katalog
produk, mengelompokkan produk dalam kategori, memajang gambar produk, mengatur
inventory, melakukan promosi, melihat laporan penjualan, dan lain sebagainya.
Pemilik toko online tidak perlu tahu detil teknis bagaimana toko online-nya
dijalankan. Yang perlu dilakukan adalah mengunduh Magento, meng-instal-nya, dan
mengkonfigurasinya di dalam sebuah situs web. Magento mudah di dapatkan dan
tanpa biaya atau gratis dan bersifat fleksibel, sesuai dengan keinginan kita.
berikut ini screenshot dari Magento Commerce.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar